RachelMathews
RachelMathews
Group: Registered
Joined: 2021/10/14
New Member

About Me

Tempat Wisata di Medan Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Eksplor berbagai tempat wisata di Medan ini!
Siapa yang penasaran liburan ke Medan? Ibukota Sumatera Utara ini memang menyimpan banyak tempat wisata yang oke, baik di dalam kota maupun di sekitarnya. Selain wisata sejarah maupun budaya, ada tempat kuliner yang juga wajib dikunjungi selama di sana!
Kalau kamu tertarik untuk eksplor tempat Wisata Medan dan sekitarnya, cek daftar tempat wisata di Medan yang paling populer dan biasanya wajib dikunjungi oleh wisatawan. Apa aja?

Istana Maimun
bisa dibilang merupakan tempat wisata terpopuler di dalam area Kota Medan. Merupakan istana Kesultanan Deli dan menjadi ikon Kota Medan, istana ini didesain oleh arsitek dari tentara Kerajaan Belanda untuk Sultan Deli. Arsitekturnya inilah yang membuat istana ini unik dan begitu populer - desain interiornya memadukan unsur-unsur Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, dan bahkan Italia.
Sekarang, Istana Maimun telah berubah menjadi sebuah museum dan salah satu tempat wisata di Medan yang populer.

Museum Tjong A Fie Mansion
adalah sebuah mansion di Kota Medan yang dibangun oleh Tjong A Fie, seorang pedagang sukses di kota Medan pada akhir abad 19 hingga awal abad 20 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di kota ini. Mansion ini sekarang telah disulap menjadi sebuah museum, dan kamu pun bisa datang dan mengagumi bangunannya yang bergaya Art Deco dengan kombinasi pengaruh budaya China dan Eropa.

Masjid Raya Al-Mashun
Masjid Raya Medan adalah sebuah masjid besar di Kota Medan. Masjid ini dibangun di masa Kesultanan Deli, dengan gaya arsitektur perpaduan Maroko, Spanyol, dan Melayu. Bentuknya pun unik seperti segi delapan, membentuk bagian dalam yang berbeda dibandingkan masjid lain pada umumnya.
Kabarnya, luas Masjid Raya Medan ini mencapai 5 ribu meter persegi dan mampu menampung hingga 2.000 jamaah!

Tjong Yong Hian Gallery
Tjong Yong Hian Gallery adalah sebuah taman yang dibangun oleh Tjong Yong Hian, salah satu pengusaha sukses sekaligus tokoh berpengaruh lainnya di Kota Medan di akhir abad 19. Ia juga merupakan kakak Tjong A Fie, sang pendiri Museum Tjong A Fie Mansion - keduanya bahu membahu membangun bisnis untuk menjadi salah dua orang terkaya di Medan.
Taman yang disebut juga Taman Kebun Bunga atau Taman Tjong Yong Hian ini diresmikan pada 2011, dan dulunya merupakan rumah dari Tjong Yong Hian. Taman ini pun dibuka sebagai salah satu tempat wisata di Medan, untuk mengenang peran besar Tjong Yong Hian dalam perkembangan kota.
Taman ini sangat menyenangkan buat dikunjungi - baik untuk foto-foto, atau untuk bersantai mendamaikan pikiran dengan tamannya yang ditata rapi dan kolam kecilnya yang terlihat cantik!

Ucok Durian
Ucok Durian memang hanya salah satu dari banyak penjual durian di Kota Medan, tapi saking terkenal dan legendarisnya tempat ini, sudah bisa kita sebut sebagai salah satu tempat wisata di Medan! Soalnya, ini memang jadi salah satu tempat yang wajib banget dikunjungi saat liburan ke Medan, tentu terutama bagi para pecinta Durian.
Saking terkenalnya tempat ini, Presiden Joko Widodo aja sampai datang ke sini tahun 2017 lalu.

Toko Pusat Bolu Meranti
Satu lagi tempat di Kota Medan yang populer dan wajib dikunjungi oleh hampir semua orang yang liburan di Medan! Toko Pusat Bolu Meranti yang kini punya bentuk baru dengan desain modern di Jalan Kruing Simpang Razak No. 7C Medan ini memang wajib kamu kunjungi untuk membeli Bolu Meranti, oleh-oleh wajib dari Medan.
Bolu gulung Meranti yang khas dihargai Rp 80-90 ribu di sini. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai makanan lainnya seperti Bolu Sunkist, Bika Ambon, Lapis Legit, Kue Sus, Nastar, Pancake Durian, Brownies, hingga Pia.

Maha Vihara Maitreya Cemara Asri
atau yang lebih sering disebut Vihara Cemara Asri adalah salah satu vihara terbesar di Indonesia. Dibangun pada 1991 dan diresmikan pada 2008, vihara ini memang benar-benar luas - dibangun di lahan seluas 4,5 hektare dan mampu menampung hingga 6.000 orang di tiga balai berbeda.
Vihara Cemara Asri juga jadi salah satu daya tarik wisata di sekitar Medan karena ornamen khas Tiongkok-nya yang memberikan pemandangan unik. Selain itu, di sini juga ada Taman Avalokitesvara, taman bermain anak, dan toko souvenir.
Kerennya lagi, vihara ini terletak di sebelah danau kecil yang asri dengan banyak pepohonan di sekitarnya lho. Kamu bahkan bisa melihat burung-burung bangau di danau tersebut saat berkunjung ke Cemara Asri.

The Le Hu Garden
Le Hu Garden awalnya merupakan taman pribadi di halaman rumah, yang kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata taman yang ditata baik. Pengembangannya sangat serius, sampai bahkan dibuat danau buatan di sini! Hal ini bikin The Le Hu Garden makin terasa asri dan menyenangkan buat dikunjungi.
Udaranya pun sejuk karena cukup jauh dari pusat Kota Medan - hampir 1 jam dengan mobil ke arah selatan kota. Karena bentuknya yang cantik, tempat wisata di Medan yang satu ini juga sering jadi area foto pre-wedding, lho!

Rahmat Zoo and Park
adalah sebuah kebun binatang di Perbaungan, Serdang Bedagai, yang dibangun oleh pengusaha pariwisata sekaligus aktivis lingkungan Dr. H. Rahmat Shah. Meski cukup jauh dari kota Medan (sekitar 1,5 jam dengan mobil), namun kebun binatang ini cukup terkenal di antara masyarakat Medan maupun wisatawan. Maklum, kebun binatang ini memang didesain dengan sangat cantik dan asri!
Di atas lahan seluas 20 hektare, Rahmat Zoo dan Park pun menjadi tempat edukasi tentang berbagai flora dan fauna endemik, sekaligus area konservasi juga. Didesain dengan cantik, kebun binatang ini sangat menyenangkan buat dikunjungi - benar-benar terasa berbeda dibanding kebun binatang pada umumnya!

Danau Toba
Bagi sebagian besar orang, adalah alasan utama untuk liburan ke Medan! Terletak sekitar 150km di selatan Kota Medan, berbagai area wisata di sekitar Danau ini bisa dicapai dengan berkendara minimal 4 jam dari Medan. Cukup jauh, dan akan lebih baik jika menginap di berbagai hotel yang ada di sekitar Toba jika ingin ke sana. Opsi lainnya adalah mengikuti agar bisa beristirahat sepanjang perjalanan dan enggak capek menyetir. Kalau menginap di sekitar Danau Toba, salah satu cara terbaik untuk keliling Danau Toba dan Pulau Samosir adalah dengan mengikuti Dengan tour ini, kamu bisa berkelilling beberapa spot bagus di Danau Toba dan Pulau Samosir, dan bahkan mengunjungi desa adat yang ada di sana.

Baca Juaga Daftar: Wisata Lampung yang Paling Populer dan Biasanya Wajib Dikunjungi

Air Terjun Sipisopiso
adalah air terjun di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Letaknya tidak jauh dari salah satu dari sekian banyak viewpoint ke Danau Toba yang tersebar di sisi danau terluas di Indonesia tersebut. Sipisopiso pun jadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Danau Toba.
Soalnya, dengan ketinggian mencapai 120 meter dan debit air yang deras, Air Terjun Sipisopiso punya pemandangan yang luar biasa keren, bahkan dari kejauhan. Airnya terjun dengan bentuk vertikal sempurna dari atas ke bawah, memberikan pemandangan alam yang sangat indah.

Bukit Holbung Samosir
Kalau kamu berhasil mendaki hingga titik terbaik di Bukit Holbung, kamu dipastikan bisa melihat dua pemandangan yang sama indahnya: di satu sudut, kamu akan bisa melihat Danau Toba dari ketinggian, sementara saat beralih ke sudut pandang yang lain, kamu akan melihat barisan perbukitan yang tersusun indah seolah dibuat oleh seniman andal.
Bukit Holbung di Samosir memang begitu spesial karena dua pemandangan luar biasa yang ditawarkan tadi. Untuk menanjak ke atas pun tidak dibutuhkan usaha terlalu berat karena jaraknya dari loket tiket hanya sekitar 15 menit.

Social Networks
Member Activity
0
Forum Posts
0
Topics
0
Questions
0
Answers
0
Question Comments
0
Liked
0
Received Likes
0/10
Rating
0
Blog Posts
0
Blog Comments